Selasa, 22 Januari 2013

Olahraga dan Industri


Olahraga dan Industri

² Pengertian Olahraga
Olahraga adalah suatu bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan, perlombaan dan kegiatan intensif dalam rangka memperoleh relevansi kemenangan dan prestasi optimal.
Dalam UU No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, definisi olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, dan sosial.

² Pengertian Industri
Industri adalah pasar dengan produk yang sama atau sejenisnya yang dijual untuk pembeli. Produk dapat berupa, barang, layanan, orang, ide dan fasilitas
Ä  Pengertian Industri Olahraga
Sesuai UU No. 3 Tahun 2005 tentang SKN dan  PP. NO. 16, 17, 18 TAHUN 2007
Pada Bab I ayat (18) ketentuan umum UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional berbunyi:
industri olahraga ádalah kegiatan bisnis di bidang olahraga dalam bentuk produk barang dan/atau jasa.
Bab XVI pasal 78 berbunyi: setiap pelaksanaan industri olahraga yang dilakukan Oleh pemerintah , pemerintah daerah , dan/atau masyarakat dengan wajib memperhatikan tujuan keolahragaan nasional serta prinsip-prinsip penyelenggaraan keolahragaan.
Pada pasal 79 ayat (1) industri olahraga dapat berbentuk prasarana dan sarana yang memproduksi, diperjual belikan dan/atau yang disewakan untuk masyarakat.

² Hubungan olahraga dengan industri
Olahraga dan industri mempunyai hubungan yang sangat erat, kedua bidang tersebut saling terkait dalam upaya mencapai tujuan masing-masing.

² Peran olahraga dalam kegiatan industri
§  Sebagai konsumen ;
industri apparel olahraga seperti pakaian, sepatu olahraga, dan perlengkapan olahraga lainnya sangat dibutuhkan oleh pelaku olahraga untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan kegiatan olahraga.
Industri obat dan suplemen vitamin memilih pasar olahraga untuk menjual produknya
§  Sebagai sarana promosi ;
Kegiatan olahraga merupakan media yang sangat efektif untuk menjual produk industri, tidak hanya industri dibidang olahraga, tapi semu bidang industri dapat mempromosikan produknya melalui kegiatan olahraga.

² Peran industri dalam kegiatan olahraga
§  Penyedia sarana dan prasarana olahraga
Industri olahraga memenuhi segala kebutuhan sarana dan prasarana kegiatan olahraga
§  Sebagai sponsorship
Industri dapat menyediakan dana untuk kegiatan olahraga melalui kerjasama yang saling menguntungkan. Tingkat popularitas cabang olahraga dan lingkup kegiatan yang lebih luas memungkinkan untuk mendapatkan sponsorship yang lebih besar dan lebih mudah. 
..: maz Aji' :..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar